Langsung ke konten utama

Web Programming

Internet & Web


I.       Internet
Internet merupakan sebuah jaringan (Internet Protokol) yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan global. Internet awalnya digunakan oleh departemen pertahanan AS untuk komunikasi internetworking. Seiring berjalannya waktu internet mulai berkembang dan dikenal di seluruh dunia. Perkembangan internet tersebut memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Adapun manfaat internet diantaranya yaitu sebagai media dan sumber informasi, sebagai sarana informasi, dan sebagai sarana promosi maupun bisnis. Dalam dunia pendidikan internet juga dapat digunakan sebagai sarana dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dengan adanya  internet maka hamper semua informasi dan kejadian di luar sana dapat kita ketahui dengan cepat.

II.      Pemrograman Web
Pemrograman web terdiri dari dua kata yaitu pemrograman yang merupakan bahasa serapan dari bahasa ingris yang artinya proses atau cara, dan web merupakan jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Dewasa ini hampir semua orang mengenal istilah WWW (world wide web) yang merupakan layanan internet yang paling popular. Sehingga saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP). HTTP merupakan protocol ringan yang dapat digunakan dalam berbagai tipe dokumen. HTTP juga merupakan sebuah protocol yang meminta dan menjawab antara client dan server. Web dapat dibuat dengan suatu bahasa pengkodean HTML, PHP dan database MySQL.

III.    Web Statis
Web statis merupakan suatu web yang isinya tetap tidak berubah-ubah. Disamping itu web statis tidak mudah untuk diolah atau dimodifikasi. Hal itu karena script yng digunakan untuk membuat web statis ini seperti HTML dan CSS. Maka dari itu untuk perubahan isi dokumen pada web statis harus mengubah isi file HTML atau CSS tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman dan keahlian pengkodean HTML dan CSS untuk dapat mengubah web statis. Contoh web statis misalnya web company profile.

IV.   Web Dinamis
Web dinamis merupakan kebalikan dari web statis. Web dinamis merupakan web yang isinya dapat berubah setiap saat. Penggunaan web dinamis dapat mempermudah programmer dalam membaharui data atau informasi. Untuk membuat web dinamis diperlukan beberapa komponen yaitu client side  scripting ( HTML, JavaScript, CSS) dan server side scripting seperti PHP dan program basis data seperti database MySQL untuk menyimpan data – data yang ada di web dinamis.

refrensi
http://jordansyahreza.blogspot.com/p/pengertian-pemrograman-web.html
http://hazrilmadridista.wordpress.com/2013/12/28/makalah-tentang-internet/
http://kentos.web.id/pengertian-dan-perbedaan-web-statis-dan-web-dinamis/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karikatur Digital

Karikatur merupakan suatu gambar yang di buat menyerupai gambar asli atau kongkret namun ada unsur melebih-lebihi. Karikatur dapat dibuat dengan alat tulis pada kertas dan kanvas, serta dapat juga dibuat secara digital pada media elektronik seperti komputer dan file gambar dapat berupa .JPG, .PNG dll